top of page
No tags yet.

SEARCH BY TAGS: 

RECENT POSTS: 

FOLLOW ME:

  • Facebook Clean Grey
  • Twitter Clean Grey
  • Instagram Clean Grey

Introvert, Ambivert, & Extrovert

Introvert

Introvert

Individu dengan kepribadian introvert cenderung memiliki kemampuan interpersonal yang tinggi. mereka senang mengolah hal apapun yang mereka lihat dari dunia luar di dalam pikiran mereka. mereka sering merenung dan berdialog di dalam diri. mereka tidak banyak berbicara, kecuali jika temanya menarik bagi mereka. hal itu membuat mereka terkesan tertutup. jumlah orang introvert hanya 25% dari populasi keseluruhan.


Tipe ini lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk kegiatan soliter, seperti membaca, menulis, menggunakan komputer, serta lebih menyukai berada dalam tempat tenang. lebih senang bekerja sendirian. Mereka berpikir dan melakukan analisis sebelum berbicara. merasa canggung jika berada dalam suatu acara yang ramai dan tidak dihadiri oleh teman-teman dekat. mereka tidak nyaman jika menjadi pusat perhatian. mereka lebih suka berinteraksi secara empat mata. mereka selektif dalam memilih teman, bukan berarti mereka sombong, hanya saja mereka lebih berhati-hati dan ingin berteman dengan orang yang dapat dipercaya dan dapat membuat mereka merasa nyaman. dalam hal pertemanan, introvert lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. karena itu, ketika mereka telah menemukan orang yang tepat untuk dijadikan teman, mereka akan menjadi teman yang loyal dan benar-benar menjaga hubungan pertemanannya.


kelebihan dari seorang Introvert adalah mereka pendengar yang baik, teman yang loyal, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan perencana yang baik.

kekurangan dari orang introvert adalah tidak mudah bergaul, tertutup, dan terkadang terlalu idealis.


Extrovert

Extrovert

Bertolak belakang dari introvert, kepribadian extrovert cenderung lebih membuka diri terhadap dunia luar. Mereka menyukai keramaian, senang berinteraksi dan mengikuti berbagai aktivitas yang melibatkan banyak orang. mereka berbicara tanpa banyak berpikir. Tipe kepribadian ini lebih mudah mengungkapkan perasaan melalui kata-kata. mudah bosan dengan kesendirian. lebih senang bercerita daripada mendengarkan. pemikirannya cenderung lebih praktis dan kurang suka dengan yang bersifat teoritis karena membutuhkan analisis lebih dalam. lebih menyukai obrolan-obrolan ringan dan lelucon daripada obrolan yang berat. mereka senang menjadi pusat perhatian, oleh karena itu seorang extrovert senang melakukan berbagaimacam usaha dalam meningkatkan popularitasnya. mereka senang mengikuti tren. mereka lebih suka hang out dengan banyak teman. mereka gampang bergaul karena mereka tidak terlalu selektif dalam memilih teman, mereka pun tidak ragu untuk memulai percakapan dengan orang asing.


Keunggulan dari tipe ekstrovert adalah kepercayaan diri antusiasme yang tinggi, supel, aktif, dan dapat berinteraksi dengan banyak orang sekaligus.

kekurangan tidak terlalu suka mendengarkan dan lebih senang didengarkan, pemikirannya cenderung lebih praktis tanpa banyak pertimbangan, gaya berbicara mereka ceplas-ceplos dan kurang memikirkan dampak dari perkataan mereka. lebih senang berbicara daripada membaca. beberapa dari mereka terlalu percaya diri.


Ambivert

ambivert

Ambievert merupakan kepribadian gabungan antara introvert dan extrovert. seseorag dengan tipe ini paling banyak ditemui. Kelebihan dari tipe ini, mereka nyaman berada di tengah keramaian dan berbagai aktivitas sosial, tetapi juga rileks dengan kesendirian. mereka flexibel, ketika dalam keadaan tertentu dimana sekelilingnya adalah orang Introvert maka mereka akan menyesuaikan diri dengan lebih menonjolkan sisi introvertnya, begitu juga ketika dia bersama orang-orang ekstrovert, meka mereka akan menonjolkan sisi extrovertnya. Kekurangan dari kepribadian ambievert adalah mereka cenderung moody, karena sifat yang berubah-ubah.

bottom of page